Sabtu, 09 Maret 2013

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bayam dikenal masyarakat seluruh dunia sebagai salah satu jenis sayuran. Dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus sp - bayam memiliki arti keabadian.

Makna tersebut sering dikaitkan dengan kandungan nutrisi bayam yang beberapa diantaranya mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit, serta menjaga metabolisme tubuh.

Dengan kata lain, mengonsumsi bayam secara teratur bakal membuat tubuh lebih sehat, mampu mengusir penyakit dan membuat umur menjadi lebih panjang.

Jika dibandingkan dengan brokoli, harga bayam mungkin jauh lebih murah. Namun, kadar beta-karoten yang dikandung bayam empat kali lipat lebih banyak.

Bayam juga diketahui sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki kadar gizi tinggi dan cukup lengkap.

Selain mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin, sayuran ini diketahui kaya akan kalsium, fosfor, dan zat besi. Bahkan, kandungan lebih banyak dua kali lipat ketimbang jenis sayuran lainnya.

Untuk yang rajin mengonsumsi bayam, hasilnya tidak main-main. Sistem pencernaan tubuh bisa bekerja dengan baik, risiko terserang kanker makin kecil, kolestrol berkurang dan sangat di rekomendasikan untuk penderita diabetes melitus.

Bayam juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit Bronchitis, anemia dan demam, keputihan, gangguan liver serta gangguan pernafasan dan tukak lambung.

Bahkan, sebuah penelitian terbaru berhasil membuktikan bahwa bayam mampu memperbaiki dan mempertahankan daya ingat setiap orang yang rajin mengonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar