Sabtu, 02 Maret 2013

Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan

Ketimun merupakan sayuran keempat yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Selain itu, manfaat ketimun untuk kesehatan pun dikenal luas, hingga sering disebut sebagai makanan super.

Sebuah situs melansir beberapa manfaat kesehatan dari ketimun, agar masyarakat luas mengetahuinya, seperti di bawah ini:

Sumber vitamin B dan C. Ya, ketimun adalah sumber yang baik dari vitamin B. Anda dapat mengkonsumsi sepotong ketimun sebagai camilan, dan rasakan manfaatnya. Kulit ketimun pun kaya vitamin C, hingga sebaiknya Anda konsumsi ketimun dengan kulitnya pula.

Mencegah dehidrasi. Kandungan air dari ketimun hampir 95%, sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi.

Mengobati kulit terbakar. Kulit ketimun dapat digunakan sebagai obat bagi kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Bagi kulit yang iritasi pun, kulit ketimun dapat membantu mengurangi efek sakitnya. Caranya cukup tempelkan kulit ketimun di bagian kulit yang sakit, lalu diamkan hingga beberapa menit.

Mata bengkak. Anda yang sering mengalami mata lelah dan bengkak, kompres mata dengan ketimun yang dipotong kecil. Ketimun memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi bengkak.

Melawan kanker. Kandungan lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol pada ketimun telah terbukti dalam beberapa penelitian terkait dengan penurunan resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, ovarium, kanker rahim, dan prostat.

Meredakan bau mulut. Ambil seiris ketimun, lalu masukkan ke mulut dan tekan pada langit-langit dengan lidah Anda. Biarkan 30 detik agar phytochemcials bisa bekerja membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Mengobati diabetes dan kolesterol. Jus ketimun dapat membantu pankreas memproduksi insulin, yang baik bagi pasien diabetes. Selain itu, jus ketimun pun mampu menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah, baik itu darah tinggi atau darah rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar