Minggu, 03 Maret 2013

Terapi Pedas Ampuh Sembuhkan Sariawan

Ada mitos yang cukup santer di masyarakat soal penyembuhan sariawan. Yaitu, menggunakan rasa pedas untuk melawannya. Mitos ini ada yang menganggap benar, dan ada pula yang menyanggahnya.

Menurut pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan MS. M, ternyata cara tersebut ada benarnya. Sariawan dapat diatasi dengan mengonsumsi masakan pedas. Rahasianya terletak pada cabai yang dimasukkan dalam olahan masakan.

Cabai mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, ditemukan pula kandungan betakaroten atau provitamin A. Kadar vitamin C pada cabai ini mengalahkan ikan segar, menurut sebuah penelitian.

Makanan pedas umumnya memiliki vitamin C yang memang sangat bagus untuk menghindari, bahkan mengobati seseorang yang sedang mengalami sariawan.

Barangkali bagi sebagian orang sulit mengonsumsi masakan pedas. Karena, ketika mengenai bintik sariawan biasanya menimbulkan sensasi perih. Tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi bagi penggemar pedas, rasa perih tersebut mungkin bisa ditahan sejenak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar